Senin, 07 April 2014

Sejarah Musik Balada

Musik balada atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan ballada, adalah jenis musik yang cukup unik, yakni berbentuk narasi. Diawal kemunculannya balada merupakan sebuah jenis musik yang memiliki karakteristik dari puisi dan lagu populer dari kepulauan Inggris dari periode abad pertengahan sampai abad 19. Setelah berkembang cukup pesat di Inggris.

Akhirnya musik balada mulai menyebar ke daerah Eropa lainnya. Kemudian menjamah Amerika, Australia dan Afrika utara. Balada banyak ditulis dan dijual sebagai selembar broadsides. Bentuk ini sering digunakan oleh penyair dan komponis dari abad ke-18 untuk menghasilkan balada liris. Namun memasuki abad ke-19, jenis musik ini lebih banyak memainkan bentuk-bentuk lagu lambat yang bertema cinta. Akhirnya muncullah power ballad pop atau rock.

Nama ballad sendiri ditengarai berasal dari lagu tarian Perancis abad pertengahan yang saat itu disebut ballares. Yakni sebuah tarian balet paling awal. Balada muncul sebagai saingan alternatif dari ballares. Tema dan fungsi ballad saat itu berasal dari tradisi mendongeng skandinavian dan Jerman. Contoh paling awal yang bisa kita lihat untuk mengetahui balada pertama di inggris adalah ‘Judas’ dalam manuskrip abad ke-13.

Musik balada memang tidak begitu booming seperti pop atau rock. Namun musik ini tetap layak untuk dipelajari. Karena mengasah kita untuk lebih kreatif dalam memperkaya musik dan lirik dalam menciptakan syair balada. Bagaimana kita harus menyusun sebuah puisi yang nantinya bisa dijadikan sebuah lagu. Jika anda ingin mendalami musik ini, mulailah dengan beli gitar kemudian berlatihlah petikan-petikan sederhana untuk memulai karir anda sebagai musisi balada.

1 komentar:

  1. sempat menjadi perdebatan obrolan ringan antar teman

    balada folk , country
    dengan menitik beratkan dengan kata kunci
    - hiburan rakyat
    - puisi
    - realitas keseharian
    - kesederhanaan
    - letak geografis ( yang mempengaruhi karakteristik karya )

    terimakasih untuk artikelnya mas bro

    BalasHapus

Membuka Coffee shop apa saja yang harus dipersiapkan? Simak disini!

  Bisnis minuman kopi sudah sangat tren saat ini karena seperti kita ketahui bahwa kopi merupakan minuman semua kalangan. Banyak sekali manf...