Sabtu, 11 Juli 2015

Mengenal Alat Musik Melodis dan Ritmis Lebih Dekat

Dengan keberagaman yang ada di masing-masing daerah hingga negara di dunia ini, maka tidaklah heran jika ada berbagai macam alat musik modern yang diciptakan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen khas yang sesuai dengan kebutuhan dan selera setiap bangsa dalam mengasilkan suara yang harmonis dan sedap didengar. Oleh karena itu, demi memudahkan pengenalan instrumen tersebut lebih dekat dibuatlah suatu pengelompokan untuk intrumen musik yang sejenis contohnya tradisional dan modern. Akan tetapi, artikel ini akan mengulas dua kelompok yang familiar dan dekat yakni melodis dan ritmis. Pemaparan lebih lengkapnya dapat ditemukan dalam ulasan di bawah ini.

Alat musik melodis, contoh dan cara memainkannya
Alat musik melodis adalah sebuah penggolongan untuk instrumen yang memiliki irama atapun nada yang bisa melakukan fungsi sebagai pengatur nada pada sebuah lagu maupun musik. Untuk lebih mudah dalam pengenalannya, interumen tersebut dibagi kedalam pengelompokan berdasarkan cara memainkannya. Instrumen melodis golongan pertama adalah yang dimainkan dengan cara dipetik seperti kecapi, gitar, sasando, dan mandolin. Golongan kedua adalah golongan yang terdiri dari instrumen yang dimainkan dengan cara digesek yaitu biola. Golongan ketiga adalah dimainkan dengan cara ditekan terdapat piano dan akordion. Golongan keempat adalah golongan instrumen yang dihisap seperti harmonika. Yang terakhir, golongan kelima adalah instrumen yang dimainkan dengan cara ditiup seperti seruling dan pianika.

Alat musik ritmis, contoh dan cara memainkannya
Alat  musik selanjutnya terdapat di golongan alat musik ritmis. Golongan ritmis ini adalah jenis instrumen yang tidak bernada dan melakukan tugasnya sebagai alat pengiring instrumen dari jenis melodis yang memiliki nada dasar sepeti Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do maupun pengatur tempo suatu lagu. Ada beberapa cara alat musik ritmis dimainkan seperti dipukul, menggunakan stik maupun cara lain. Berikut contoh alat musik ritmis. Instrumen yang dimainkan dengan cara dipukul adalah drum, gendang, ketipung, kongo, rebana, tamborin dan triangle. Contoh lainnya yaitu marakas yang dimainkan dengan cara digetar-getarkan atau shake.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuka Coffee shop apa saja yang harus dipersiapkan? Simak disini!

  Bisnis minuman kopi sudah sangat tren saat ini karena seperti kita ketahui bahwa kopi merupakan minuman semua kalangan. Banyak sekali manf...