Selasa, 24 November 2015

Mengenal Tentang Alat Musik Muslim

Alat musik ternyata banyak digunakan untuk menyebarkan ajaran agama. Banyak penyebar agama yang menggunakan seni musik sebagai cara untuk menyebarkan agama karena dinilai lebih mudah dimengerti oleh semua kalangan. Dalam agama islam, kita juga bisa menemukan beberapa instrument musik yang banyak digunakan untuk menyebarkan ajaran agama islam. Apa sajakah instrument musik yang digunakan tersebut? Anda bisa mengetahuinya di bawah ini.

Alboka – Alat Tiup Kayu
Salah satu alat musik yang sangat erat dengan ajaran agama islam adalah Alboka. Instrumen musik ini sendiri merupakan instrument musik yang untuk memainkannya dengan cara ditiup. Alat ini dibuat dari bahan kayu dan banyak dikembangkan dan menyebar di jaman keemasan islam. Alboka sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya terompet. Pada jaman dahulu, Alboka ini banyak digunakan oleh musisi Islam kepada masyarakat Islam khususnya di Jazirah Arab. Alat ini juga sangat dikenal di beberapa Negara misalnya di Gibraltar, Portugal, Prancis, Andora, Spanyol dan lain sebagainya.
baca juga artikel alat musik ritmis
Gitar dan Kecapi
Selain Alboka, instrument musik lainnya yang juga sangat erat dengan ajaran muslim adalah Gitar dan Kecapi. Gitar ini banyak digunakan di semenanjung Iberia untuk menyebarkan ajaran muslim kepada masyarakat. Gitar tersebut kemudian dikembangkan menjadi kecapi. Ada beberapa jenis gitar yang digunakan. Gitar tersebut berbeda dalam desain dan besarnya. Selain gitar dan kecapi ada juga oud yang juga digunakan untuk menyebarkan ajaran Islam. Oud ini sendiri sangat dikenal di Andalusia dan banyak kaum musisi Islam yang juga memainkan instrument musik petik ini. Instrumen ini telah dikenal sejak 711 M. Instrumen musik memang mempunyai banyak sekali fungsi. Instrumen musik ternyata tidak hanya bisa membuat kita terhibur ketika mendengarkan bunyi yang dihasilkan namun lebih dari itu, instrument musik ternyata bisa juga digunakan untuk menyebarkan beragam ajaran agama. Selain beberapa instrument musik yang telah disebutkan di atas, kita masih bisa menjumpai beberapa instrument musik gesek yang juga digunakan untuk menyebarkan ajaran islam. Alat musik bisa digunakan untuk beragam hal positif yang ada disekitar kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuka Coffee shop apa saja yang harus dipersiapkan? Simak disini!

  Bisnis minuman kopi sudah sangat tren saat ini karena seperti kita ketahui bahwa kopi merupakan minuman semua kalangan. Banyak sekali manf...