Alat Musik Tradisional dari Afrika

Bila kita mendengar nama Afrika, maka kita akan berpikir menganai singa, jerpah, zebra, badak dan satwa liar lainnya yang ada disana. Namun, tahukah anda bahwa Afrika mempunyai unsur kebudayaan yang sangat menarik dan juga sangat unik. Ditengah segala kekurangan dan juga berbagai macam konflik yanng terjadi di Afrika, namun negara ini mampu menghasilkan musik-musik tradisiional yang menjadi ciri khas negara Afrika. Tentunya semua musik tersebut didukung oleh alat musik tradisional yang unik juga. Mari kita lihat alat musik tradisional apa saja yang berasal dari Afrika.

Udu
Udu merupakan alat musik tradisional Afrika yang digunakan dengan cara ditabuh dan termasuk sebagai alat musik perkusi. Udu sebearnya berasal dari Nigeria dan awalnya merupakan sebuah bejana yang ada lubang di salah satu sisinya yang umum digunakan sebagai tempat penyimpanan baik menyimpan air ataupun menyimpan makanan. Namun dalam perkembangannya, sekarang Udu menjadi salah satu alat musik tradisional Afrika yang utama dan bisa dibuat dari tanah liat ataupun batu. Memang yang terbuat dari tanah liat akan lebih baik kualitas suaranya namun bila jatuh akan mudah hancur. Karena udu sudah terkenal di dunia Internasional maka anda bisa menjumpai udu yang telah dimodifikasi dan memiliki suara yang lebih beragam.

Mbira
Mbira merupakan salah satu alat musik tradisional Afrika yang sering juga dikenal dengan nama likembe, mbira huru, piano thumb, mbira njari, karimbao, mbira nyunga nyunga ataupun kalimba. Mbira umumnya terbuat dari papan kayu yang diklasifikasikan sebagai keluarga lamellaphone. Di beberapa daerah, mbira ini akan dikenal dengan nama sansa.
Marakas
Marakas merupakan alat musik tradisional dari Afrika yang masuk ke dalam golongan perkusi dan dikenal juga sebagai maracas. Marakas dimainkan secara sendiri atau tunggal. Marakas juga dimasukkan dalam klasifikasi idiophones dan jenisnya bisa ditemukan di negara manapun di dunia.

Vuvuzela
Vuvuzela merupakan alat musik tradisional dari Afrika yang sangat terkenal dan juga khas yang digunakan saat Piala Dunia 2010. Awalnya vuvuzela dibuat dari bahan tanduk antelop dan sering digunakan pada berbagai acara ritual di Afrika.

sumber: http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments/

0 Response to "Alat Musik Tradisional dari Afrika"

Posting Komentar