Senin, 10 Agustus 2015

Pilihan Alat Musik yang Tepat untuk Anak Berusia 5 tahun ke Bawah

Mind set dari orang tua zaman sekarang adalah memperkenalkan musik dan instrumen atau alat musik kepada anak mereka semenjak usia dini. Hal itulah yang juga menyebabkan banyaknya mainan seperti alat musik yang tersedia di pasaran tanah air dan diseluruh dunia. Namun hal tersebut juga membuat bingung para orang tua karena mereka berfikir kira-kira alat musik apa yang cocok untuk diperkenalkan kepada anak mereka? Dalam artikel ini kita akan melihat alat-alat musik yang dapat nada perkenalkan kepada anak anda yang berusia dibawah 5 tahun yang bukan hanya sekedar mainan namun alat musik yang awet dan bahkan dapat disimpan hingga anak anda dewasa. Yuk kita lihat lebih jelas mengenai alat-alat musik ini.

Alat Musik VS Mainan Musik
Perlu diingat bahwa alat musik dan mainan musik merupakan dua hal yang berbeda. Pastinya kita perlu memperkenalkan kepada anak kita alat musik yang sesuai dengan umurnya. Tidak mungkin kita memperkenalkan bayi yang berusia 8 bulan dengan piano atau biola namun kita pastinya akan memperkenalkan dia kepada mainan musik agar sanga anak mengerti dan mengenal bunyi-bunyian terlebih dahulu. Mainan musik akan memiliki beberapa cara bermain untuk dapat menghasilkan melodi seperti memencet tombol dan sebagainya. Namun hal ini tidak berlaku pada mainan musik seperti shaker dan drum mainan karena cara memainkannya sama seperti aslinya. Sedangkan alat musik sendiri adalah alat yang membutuhkan tindakan dari si anak itu sendiri agar tercipta suatu bunyi seperti dipukul, ditiup, memetik dawainya dan sebagainya.

Alat Musik yang Cocok untuk Balita
Pastinya alat musik pertama yang cocok untuk balita adalah alat musik perkusi seperti rebana, drum dan sebagainya karena selain mudah, alat musik ini adalah alat musik paling dasar namun dapat membuat sang anak puas secara instan. Setelah anak anada agak besar, anda bisa membelikan satu set drum mainan yang menyerupai drum asli hanya saja ukurannya lebih kecil. Alat musik selanjutnya yang bisa anda perkenalkan ke anak anda adalah alat musik tiup tapi mungkin alat musik ini sedikit rumit karena anak anda harus meniup dan menggerakkan jari mereka di saat bersamaan. Namun disarankan menggunakan alat musik mainan terlebih dahulu seperti terompet mainan dan sebagainya karena alat musik yang sebenarnya bisa menciptakan gangguan terhadap perkembangan bagian mulut anak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuka Coffee shop apa saja yang harus dipersiapkan? Simak disini!

  Bisnis minuman kopi sudah sangat tren saat ini karena seperti kita ketahui bahwa kopi merupakan minuman semua kalangan. Banyak sekali manf...