Musik Tradisional: Sanggar Atau Sekolah Musik?

Sekarang ini, banyak orang berlomba-lomba untuk memainkan musik dalam budaya populer, atau lagu-lagu klasik dari barat. Namun, adakah yang tertarik dan berminat untuk mempelajari musik tradisional dari budaya sendiri? Musik-musik Jawa, Sunda, Bali, atau beragam kesenian tradisional lainnya yang tersebar di Indonesia, akankah punah begitu saja karena minimnya minat generasi muda untuk mempelajari semua itu? Nah, jika Anda ingin mempelajari musik-musik tradisional tersebut, atau ingin mengarahkan anak Anda untuk belajar musik tradisional, kemana kah harus belajar? Ke sanggar atau ke sekolah musik? Pendidikan musik macam apa yang harus Anda ambil?

Sanggar
Jika memang Anda ingin mempelajari musik tradisional secara menyeluruh, seperti mempelajari langsung menggunakan alat musik yang digunakan, seperti gamelan, gambuh, seruling, gong, dan sebagainya, maka disarankan bagi Anda untuk belajar di sanggar. Ada banyak sanggar tradisional yang bisa Anda pilih yang akan mengajarkan Anda apa-apa yang tidak bida dipelajari di sekolah musik biasa. Tentunya, Anda akan berkenalan juga dengan alat musik tradisional dan cara memainkannya yang unik. Cara pengajarannya pun juga akan berbeda dengan tempat kursus musik lainnya. Di sini, Anda akan mampu melestarikan peninggalan budaya Indonesia yang luhur dengan menggunakan langsung alat musiknya tanpa dimodifikasi.

Sekolah Musik
Bisakah mempelajari musik tradisional dari sekolah musik biasa? Bisa! Ini cocok untuk Anda yang ingin “mengawinkan” budaya barat dan timur dengan cara memadukan kesenian mereka. Siapa bilang tembang-tembang jawa atau alunan musik sunda tidak bisa dimainkan di piano atau biola? Anda hanya harus menemukan guru yang piawai memodifikasi alat musik modern untuk memainkan musik tradisional. Hasilnya? Tentu akan luar biasa. Tidak sering orang menemukan perpaduan kesenian barat dan timur dalam alat musik. Memang akan terasa agak sulit jika dibandingkan dengan memainkan lagu-lagu tersebut langsung dari alat musik tradisional. Namun, dengan banyak latihan dan sedikit improvisasi, Anda akan mampu mendapatkan hasil yang diharapkan. Jadi, pilihan di mana tempat untuk belajar ada di tangan Anda.

sumber: id.yamaha.com

1 Response to "Musik Tradisional: Sanggar Atau Sekolah Musik?"

  1. Belajar Musik itu Gampang... Buktikan !!!

    http:/www.gladiresik.com//

    BalasHapus