Alat Musik TradAlat Musik Tradisional yang ada di Lombok

Lombok yang merupakan pulau tetangga dari Bali sudah mulai berkembang menjadi suatu tempat pariwisata yang mulai digemari oleh wisatawan mancanegara dan juga lokal. Namun selain kekayaan alamnya ternyata Lombok juga memiliki alat musik tradisional yang unik dan menarik. Mari kita lihat alat musik tradisional dari Lombok tersebut.

Mandolin
Bila anda mendengar nama mandolin mungkin anda akan menyangka bahwa alat musik ini berasal dari Cina namun di Lombok juga memiliki alat musik Mandolin. Alat musik tradisional yang satu ini termasuk alat musik berdawai yang memiliki senar dan dimainkan layaknya sebuah biola. Alat musik Mandolin sering digunakan oleh warga Lombok untuk mengiringi beberapa tarian dan juga musik tradisional seperti tari rudat dan sebagainya.

Semprong
Mungkin anda pernah mendengar atau memakan kue semprong yang renyah dan berbentuk seperti pipa. Namun semprong juga merupakan suatu alat musik tradisional dari Lombok yang dimiliki oleh suku Sasak dan keberadaan dari musik Semprong sudah hampir punah. Semprong terbuat dari bambudan mirip dengan alat musik tradisional dari Australia yang dimiliki oleh suku aslinya yaitu alat musik iduridu. Semprong ada yang beruuran kecil sekitar 80 cm dan terbuat dari kayu selelo dan ada yang berukuran besar hingga lebih dari semeter yang dibuat dengan menggunakan bambu sentul yang memiliki buku yang panjang. Kedua semprong tersebut kemudian dibentuk menyerupai terompet. Suara yang dihasilkan olehh semprong akan mengingatkan kita terhadap alam seperti suara hujan, suara ombak dan sebagainya.

Slober
Slober sebenarnya lebih ke sebuah jenis musik yang tradisional dari Lombok yang menggunakan berbagai alat musik yang unik dan juga sangat sederhana. Alat-alat musik tersebut dibuat dari pelepah enau yang memiliki panjang 1 jengkal denga lebar 3cm. Kesenian Sober ini juga didukung oleh berbagai alat musik lainnya seperti petuk, gendang, gambus, rincik, dan juga seruling. Nama Sober ini sebenarnya didapat dari sesorang yang tinggal di desa Pengadangan yang namanya Amaq Sober dan hingga kini musik Sober masih digunakan dan dimainkan setiap bulan purnama muncul.

0 Response to "Alat Musik TradAlat Musik Tradisional yang ada di Lombok"

Posting Komentar