Selasa, 06 Oktober 2015

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Anda pasti sering mendengar tentang manfaat musik bagi kecerdasan. Namun, tahukah Anda bahwa musik juga ternyata memiliki pengaruh pada kesehatan? Musik dan kesehatan memang tampaknya tidak berhubungan. Namun, menurut sejumlah penelitian, ternyata mendengarkan musik bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang, membuatnya lebih sehat, dan meningkatkan kinerja organ dalam. Jadi, untuk Anda yang ingin hidup lebih sehat, ternyata hanya dengan mendengarkan musik saja bisa mengubah beberapa aspek dalam hidup. Itu karena ketika Anda mendengarkan musik, reaksinya secara luas menjangkau pikiran dan tubuh. Ada hubungan antara musik dan system reward dalam tubuh kita, sehingga kita terdorong untuk melakukannya lagi dan lagi karena memang efek positifnya dinikmati oleh tubuh.

Hubungan Musik dan Kesehatan
Ketika kita mendengarkan musik bertempo cepat, secara otomatis kita juga jadi lebih semangat, adrenalin akan terpompa. Akibatnya, kita jadi lebih aktif. Ini bisa sangat membantu untuk Anda yang suka merasa malas berolah-raga. Coba lah mendengarkan musik berirama cepat yang bisa meningkatkan semangat. Tanpa Anda sadari, Anda sudah akan termotivasi untuk bergerak. Tak hanya itu, musik bisa membuat pikiran rileks. Ketika pikiran bebas dari stress, jantung akan bekerja lebih lambat dan tidak berpacu berdebar-debar. Maka dari itu, penyakit jantung bisa dihindari. Ketika jantung bekerja optimal, aliran darah juga akan lebih baik. Inilah kaitannya antara musik dan kesehatan.

Kapan Harus Mendengarkan Musik?
Apakah mendengarkan musik yang dihasilkan dari berbagai alat musik bisa jadi sebuah rutinitas yang diharapkan bisa menjadi obat? Tergantung. Itu semua tergantung dari apa yang Anda alami. Anda bisa mendengarkan musik setiap hari dan merasakan manfaatnya. Namun, jika Anda terlalu keras memaksakan diri, dengan cara mendengarkan musik berjam-jam sungguh pun Anda punya segudang aktivitas untuk dikerjakan dan memilih untuk mengabaikannya demi bisa mendengarkan musik untuk kesembuhan, maka cara ini tidak akan berhasil. Musik dan kesehatan bekerja dengan cara yang pelan tapi pasti, tidak bisa dipaksakan. Ketika Anda melakukannya untuk membantu merasa rileks, bukan semata-mata demi kesembuhan, maka efeknya akan terasa puluhan kali lipat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuka Coffee shop apa saja yang harus dipersiapkan? Simak disini!

  Bisnis minuman kopi sudah sangat tren saat ini karena seperti kita ketahui bahwa kopi merupakan minuman semua kalangan. Banyak sekali manf...