Senin, 04 Mei 2020

Jenis Imunisasi Dasar Lengkap yang Wajib Dipenuhi



Sejak bayi, pemberian imunisasi dasar lengkap wajib dipenuhi demi kesehatan buah hati. Imunisasi melalui penyuntikan beberapa jenis vaksin untuk membangun antibodi pada tubuh anak agar lebih terlindungi dari penyebaran infeksi virus atau bakteri. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk menaati jadwal imunisasi yang sudah disesuaikan melalui anjuran dokter atau kementerian kesehatan. Imunisasi wajib untuk anak dilakukan sejak baru lahir hingga usia 9 bulan dengan beberapa jenis vaksin, seperti vaksin hepatitis B, vaksin BCG, vaksin Polio, vaksin DPT, vaksin HiB, dan vaksin campak/MR. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai jenis-jenis imunisasi dasar yang wajib dipenuhi.

Jenis Imunisasi Dasar yang Wajib Dipenuhi

Jenis imunisasi pertama yang tergolong imunisasi dasar adalah vaksin hepatitis B. Imunisasi ini dilakukan untuk bayi baru lahir dan saat bayi usia 3-6 bulan. Tujuannya adalah untuk pencegahan penularan penyakit hepatitis B dari luar atau bahkan dari sang ibu. Imunisasi dasar lengkap yang wajib dipenuhi selanjutnya adalah imunisasi polio. Sesuai namanya, imunisasi ini bertujuan untuk mencegah penularan virus polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Jenis imunisasi polio diberikan sebelum bayi berusia 6 bulan. Jenis imunisasi yang wajib untuk bayi selanjutnya adalah imunisasi BCG. Pemberian vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis. Imunisasi dasar yang tidak kalah penting adalah imunisasi campak atau MMR.

Imunisasi untuk mencegah penyakit campak berat.

Jenis imunisasi yang wajib diberikan terakhir adalah pentavalen. Imunisasi yang dilakukan dengan memberikan beberapa jenis vaksin seperti vaksin DPT, vaksin HB, dan vaksin HiB. Ajak buah hati untuk menuju pusat layanan kesehatan agar diberi imunisasi sesuai jadwal. Pemberian imunisasi wajib ini penting untuk melindungi anak dari berbagai penyakit seperti difteri, tetanus, dan difteri melalui vaksinasi DPT. Jenis imunisasi dasar lengkap ini juga memasukan vaksin HiB yang dapat mencegah penyakit seperti difteri, pertusis, tetanus, pneumonia, hepatitis B, dan meningitis. Imunisasi untuk jenis pentavalen ini diberikan sejak bayi berusia 2 bulan. Imunisasi dilakukan 4 kali, saat usia 2, 3, 4, dan 18 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuka Coffee shop apa saja yang harus dipersiapkan? Simak disini!

  Bisnis minuman kopi sudah sangat tren saat ini karena seperti kita ketahui bahwa kopi merupakan minuman semua kalangan. Banyak sekali manf...